» » » » Transfer Uang Kini Bisa Lewat Facebook Messenger

Transfer Uang Kini Bisa Lewat Facebook Messenger



Jakarta - Facebook punya cara jitu untuk menarik pengguna layanan jejaring sosialnya menggunakan aplikasi Facebook Messenger. Raksasa jejaring sosial tersebut menyediakan fasilitas pengiriman uang ke sesama pengguna Facebook. Ya, para pengguna Facebook kini dapat mengirim uang tunai ke sesama teman di Facebook secara gratis melalui fitur tersebut. Namun pengguna terlebih dulu harus memasukkan informasi akun kartu debit MasterCard atau Visa mereka. Untuk menjamin keamanan bertransaksi, Facebook akan memberikan PIN kepada para pengguna sebagai password sebelum mengirimkan uang. Atau pengguna perangkat Apple iPhone 5S atau iPhone 6 juga bisa memanfaatkan fitur Touch ID. 

Cara mengirimkan uangnya juga sangat mudah. Menurut yang dilansir Cnet, pengguna hanya perlu menekan tanda dollar ($) saat chatting dengan teman di aplikasi Facebook Messenger. Saat ini tercatat ada sekitar 500 juta orang yang menggunakan Facebook Messenger. Facebook mengatakan saat ini pihaknya sudah memproses lebih dari 1 juta transaksi pada situsnya setiap hari. Fitur pengiriman uang ini akan tersedia untuk pengguna iOS dan Android dalam beberapa bulan mendatang. Fitur baru ini diperkirakan dapat membantu Facebook untuk meraup lebih banyak pengguna di tengah ketatnya persaingan aplikasi messenger. 

Sebagai contoh, Square bermitra dengan Snapchat pada bulan November lalu untuk mempermudah pengguna aplikasi itu untuk mengirimkan uang. Fitur layanan pembayaran mobile saat ii menjadi salah satu tren di Silicon Valley. Apple tahun lalu sudah memperkenalkan layanan Apple Pay, yang memungkinkan para pengguna iPhone dan nantinya Apple Watch untuk memanfaatkan perangkat mereka sebagai alat pembayaran di ribuan merchant. Pesaing Apple lainnya seperti Samsung, Google dan PayPal juga menawarkan fitur serupa. Akhir tahun lalu, Facebook tercatat memiliki hampir 1,2 miliar pengguna bulanan yang login dari perangkat mobile, namun yang memakai Facebook Messenger kurang dari setengahnya saja. Facebook juga telah mengakuisisi Whatsapp dengan mahar lebih dari $ 19 milyar untuk memperluas dominasinya di segmen aplikasi messenger, namun di WhatsApp tidak ada fitur layanan pembayaran.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya