POPULAR POST

Showing posts with label Sosial. Show all posts
Showing posts with label Sosial. Show all posts

Selvi Tak Menyangka Akan Dinikahi Anak Presiden Jokowi



Putri Solo tahun 2009, Selvi Ananda tidak membayangkan dirinya akan menikahi putra Presiden, Joko Widodo. Selvi mengaku bangga pada bulan Juni nanti akan menikah dengan kekasih hatinya yang juga putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming. "Ya bangga, saya tidak menyangka dan membayangkan akan menikah dengan anak presiden, karena hubungan kami terjalin sebelum Pak Jokowi menjadi presiden," ujarnya saat jumpa pers di Gedung Pertemuan Graha Saba Bhuana milik Jokowi, Selasa (14/4/2015).

Selvi menuturkan dirinya senang dapat melangkah lebih lanjut ke jenjang pernikahan dari hubungan pacaran yang terjalin sejak lima tahun lalu dengan Gibran. "Senang dan bangganya karena kami (Selvi dan Gibran) melangkah ke jenjang yang lebih serius dari hanya sekadar berpacaran," tandasnya. Pada jumpa pers ini, Selvi yang lebih banyak menjawab pertanyaan awak media, sedangkan Gibran lebih banyak diam dan enggan menjawab pertanyaan para wartawan.

- portal berita pada portalku.net -

Pembunuh Deudeuh Alfi Sahrin "Tataa Chubby" Ditangkap Saat Sedang Tidur bersama Istrinya



RS (24), pembunuh Deudeuh Alfi Sahrin (26), ditangkap pada Rabu (15/4/2015) dini hari di Batu Tapak, Bojong Gede, Bogor. Saat ditangkap, ia sedang tidur bersama istrinya. "Ditangkapnya kan dini hari, dia sedang tidur bersama istrinya," kata Kanit I Subdit Jatanras Ditreskrimum Komisaris Budi Towoliu, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (15/4/2015). RS diketahui merupakan seorang guru privat yang bekerja di kawasan Kedoya, Jakarta Barat.

RS sudah memiliki seorang istri yang sedang mengandung. Ia bahkan telah memiliki anak berusia delapan tahun. Rumah di Bogor itu diduga merupakan tempat persembunyiannya. Sebab, berdasarkan kartu identitasnya, RS beralamat di Suka Bukti, Curug, Tangerang. RS tersinggung saat Alfi menyebutkan bau badannya saat tengah berhubungan badan. Kemudian, tanpa pikir panjang, RS langsung mencekik Alfi hingga lemas. Menyadari Alfi belum tewas, RS juga melilit leher Alfi dengan kabel dan menyumpal mulutnya dengan kaus kaki milik RS. Alfi pun tewas karena kehabisan napas.

Alfi ditemukan tewas dalam kondisi leher terlilit di kamar kosnya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, pada Sabtu (11/4/2015) pukul 19.00 WIB. Dari hasil otopsi, ia diperkirakan tewas 10 jam sebelum ditemukan dalam kondisi tak bernyawa. Ibu beranak satu ini ditemukan tewas dalam keadaan tak berbusana dengan ditutupi bed cover dan mulut disumpal kaus kaki.

- portal berita pada portalku.net -

Penyakit Mengerikan Mengintai Penggemar Kucing



PORTALKU.NET - Dewasa ini, tidak hanya anjing yang sering dipelihara orang, kucing pun begitu digemari dengan segala tingkah lugunya. Mereka yang menggemari kucing, biasanya tidak menyukai anjing, dan begitu juga sebaliknya. Tidak ada yang salah dalam memelihara binatang, apapun itu jenisnya, tetapi ada hal-hal; yang harus kita ketahui supaya hewan peliharaan kita tidak merugikan kita, dengan menimbulkan penyakit misalnya.

Kucing yang Menggemaskan, Toksoplasma yang Mencemaskan Toksoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit yang hidup di dalam tubuh kucing. Jika kita tidak hati-hati saat membersihkan kotoran kucing, bisa saja parasit ini masuk ke dalam tubuh kita dan menjadi sumber infeksi. Gejala Toksoplasma: Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti sakit kepala, demam, dan nyeri pada otot, Anda perlu waspada dan memeriksakan diri ke dokter, mungkin saja Anda baru tertular.

Jika Anda memiliki sistem imun yang baik, Anda tidak perlu terlalu kuatir, tetapi lain halnya jika sistem imun Anda menurun, atau mungkin Anda sedang hamil, segeralah hubungi dokter, karena infeksi ini akan membahayakan janin di kandungan Anda.

Untuk terhindar dari infeksi toksoplasmosis, ikutilah langkah-langkah berikut:

1. Segeralah mencuci tangan setelah bersentuhan dengan kotoran kucing Anda

2. Hindari makan daging yang belum matang, karena parasit toksoplasma juga dapat hidup di dalamnya.

3. Hindarkan anak Anda melakukan kontak langsung dengan kotoran kucing

4. Bagi Anda yang sedang hamil, jangan bersentuhan dengan kotoran kucing sama sekali. Anda mungkin pernah mendengar tes TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes virus) untuk para ibu hamil, tes ini ditujukan untuk menghindari bahaya infeksi yang dapat diturunkan pada janin, toksoplasma pun diujikan di dalamnya. Jadi, jika Anda penggemar kucing, pastikan Anda selalu menjaga higienitas dalam memelhara kucing kesayangan Anda.

- portal berita pada portalku.net -

Orang Tua Terlilit Utang, Siswi SMAN 1 Lapri Bone Tewas Gantung Diri



PORTALKU.NET - Seorang siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Lappariaja, Jl Poros Bone-Makassar tewas gantung diri dirumahnya, Desa Amanrang, Kecamatan Lapri, Kabupaten Bone, Selasa (14/4/2015), sekitar pukul 16.00 Wita. Kepala Satuan Reskrim Polres Bone, Ajun Komisaris Andi Asdar membenarkan adanya salah seorang siswi yang gantung diri. Hanya saja, Dia mengaku belum mengetahui penyebab korban nekat menghabisi nyawanya. "Betul gantung diri. Peyidik masih menyelidikinya," kata Asdar, Selasa (14/4/2015).

Informasi diperoleh, korban yang belum diketahui identitasnya nekat gantung diri lantaran orang tuanya terlilit hutang. Sementara keduanya sedang berada Kalimantan. Sesaat sebelum gantung diri, beredar informasi jika korban didatangi oleh penagih hutang dan penagih akan menganggut barang-barang di dalam rumahnya. Namun pelajar yang ditinggal pergi oleh orang tuanya bertahan. Diduga, kortban depresi sihingga nekat akhiri hidupnya dengan cara tragis.

- portal berita pada portalku.net -

Pengakuan Seorang "Mami" soal Prostitusi di Rumah Kos di Tebet



PORTALKU.NET - Kawasan Tebet disesaki oleh rumah kos yang dihuni oleh banyak orang. Siapa sangka, kawasan di sepanjang tempat kos Dedeuh Alfi Syahrin (26) itu terkenal bagi kalangan pelaku jasa pekerja seks komersial online dengan sebutan "vagina street". Pengakuan ini didapat dari salah seorang perempuan, sebut saja Mami (32), yang sudah malang melintang di dunia prostitusi online di kawasan Tebet. Menurut dia, selama ini kawasan rumah kos tersebut sering kali dijadikan tempat prostitusi terselubung. “Ini (Tebet Utara 1) disebut vagina street karena ada usaha esek-esek di kosan. Karena hampir semua klien forum esek-esek itu udah tau, kalau bilang Tebet itu oh vagina street. Udah hafal,” kata Mami kepada Kompas.com di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/4/2015).

Selain itu, kebanyakan dari para pelaku prostitusi di kawasan tersebut lebih memilih bermain di tempat kos mereka karena lebih murah. Dengan demikian, tidak banyak biaya yang dikeluarkan oleh para perempuan tersebut. "Karena kita bebas, terus kita juga pas gue eksis dulu kan emang low budget. Kita kan enggak mau ngeluarin duit buat transpor. Jadi lebih senang invite atau incall booking aja,” kata Mami. Para perempuan tersebut biasanya hanya bermodal lingerie dan beberapa botol mineral sehingga tak perlu repot mengeluarkan biaya beli baju bagus. “Jadi kalau mau, lo dateng aja. (Kita) enggak usah transpor, enggak usah beli baju bagus buat ketemu klien. Kalau di dalam kamar aja gue cuma model lingerie cantik dan bulu mata dikit,” ucap Mami.

Kisah Mami Hijrah dari rumahnya di Depok ke Jakarta, Mami memilih tinggal di rumah kos tersebut. Sebab, tempat kerjanya di salah satu tempat hiburan karaoke di kawasan Tebet. Di sana, kemudian Mami mulai kenal dengan yang lainnya. “Dan, rata-rata di kosan itu pekerjaannya seperti itu. Ternyata emang banyak, cuma aku tuh enggak dekat sama yang lain karena yang lain profesinya terikat, kayak kerja di karaoke, night club,” sebut Mami. Pengamatan Kompas.com, Jalan Tebet Utara I tidak terlalu ramai dilewati pengendara, baik dari arah Jalan KH Abdul Syafi'i maupun Jalan Tebet Raya. Di sisi kanan dan kiri terdapat terdapat rumah kos dengan bangunan tinggi layaknya hotel kelas melati. Selain rumah kos, kawasan tersebut juga ramai dengan toko-toko makanan.

- portal berita pada portalku.net -

Tahun Inilah Demam Batu Akik Akan Berakhir, Cara Tradisional Mengkilapkan Batu Cincin



Nasib batu akik saat ini kerap dikaitkan dengan nasib tanaman anthurium dan ikan louhan beberapa tahun silam yang sempat sangat tenar namun kemudian redup dalam waktu relatif singkat. Bahkan seorang pengamat menduga demam batu akik berakhir di pertengahan tahun 2015. Beberapa tahun lalu, satu anakan anthurium bisa dihargai sampai Rp 250 ribu. Tentu semakin besar ukuran, terutama pada jenis-jenis tertentu, harganya semakin “tak masuk akal”. Pada saat puncaknya, anthurium jenis cobra black beauty dewasa misalnya dikabarkan seharga Rp70 juta.

Ada pula rumor, rekor tertinggi harga anthurium daun ada yang senilai Rp 1,8 miliar. Akhir cerita kita tahu, euforia tersebut tidak bertahan lama. Tak sampai lima tahun sejak harganya melejit, harga anthurium merosot drastis. Satu anakan anthurium harganya meluncur drastis menjadi hanya Rp10 ribu. Pengusaha yang ikut-ikutan mencoba peruntungan di anthurium harus gigit jari. Agak berhati-hati dalam menanggapi, Floribertus Rahardi, seorang pakar pertanian melihat, meski fenomena batu akik agak berbeda dengan anthurium namun nasib akhirnya diduga akan sama. “Ada kemungkinan pasar batu akik akan jenuh dan mengalami nasib yang sama dengan anthurium,” tutur dia.

Lalu kapan demam batu akik ini akan mereda? Dalam perhitungan Rahardi, bisa jadi pertengahan 2015 ini. Cara Bikin Mahal Batu akik sudah sangat banyak dikenakan oleh berbagai macam kalangan. Banyak macam batu akik yang terdapat di pasaran. Harga yang dipatok juga bermacam-macam tergantung dari tingkat kelangkaan dan juga pola yang terbentuk dari batu akik tersebut. Semakin unik pola yang dihasilkan dari batu akik tersebut, maka harga yang ditawarkan tentunya akan semakin mahal. Bahkan ada beberapa batu akik yang memiliki harga hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah dikarenakan uniknya pola yang dihasilkan dari batu akik itu sendiri. Salah satu kriteria supaya batu akik tersebut memiliki harga mahal adalah kadar mengkilapkan batu akik tersebut. Semakin mengkilap dan bening batu akik tersebut, maka akan semakin meningkatkan harga dari batu cincin. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengkilapkan batu cincin ini sangatlah beragam. Mulai dari cara modern, hingga cara yang tradisional.

Cara tradisional untuk mengkilapkan batu akik ini cenderung lebih murah, meskipun memerlukan waktu dan usaha yang tidak bisa dibilang mudah. Bahkan cara tradisional ini juga sudah mulai diaplikasikan pada jaman Walisongo. Di jaman itu, popularitas batu cincin masih sangat terbatas. Hanya kalangan bangsawanlah yang memiliki kemampuan untuk membeli atau membuat batu cincin tersebut.

Berikut ini kami beberkan kelima cara tradisional yang biasa digunakan di jaman Walisongo untuk mengkilapkan batu cincin supaya terlihat lebih menarik dan membuatnya semakin mahal jika dijual di toko online.

1. Menggosok Batu Akik dengan Daun Pisang Kering

Cara satu ini memang sudah sering dipakai oleh nenek moyang kita jaman dahulu untuk menggosok batu cincin mereka supaya terlihat semakin mengkilap. Meskipun cara ini tergolong cara kuno, namun sampai sekarang cara ini masih dianggap ampuh untuk mengkilapkan batu akik. Hal ini bukan tanpa alasan menggosok batu cincin menggunakan daun pisang kering, namun ternyata daun pisang kering tersebut masih menganding senyawa yang membuat batu akik terlihat semakin mengkilap. Cara menggosoknya juga sangat sederhana. Anda hanya perlu mengambil daun pisang kering kemudian gosokkan pada batu akik secara searah. Lama-kelamaan batu akik anda akan semakin terlihat mengkilap.

2. Menggosoknya dengan Kulit

Selain daun pisang kering, ternyata material kulit juga dapat mengkilapkan batu akik. Gunakan kulit hewan yang biasa digunakan untuk bahan dompet, sabuk, atau benda lain yang terbuat dari kulit. Gosokkan batu tersebut secara searah dan kemudian kilau batu akik tersebut akan terpancar. Hal ini dikarenakan oleh bahan kulit yang masih mengandung minyak di dalamnya. Meskipun telah diolah, minyak tersebut masih terkandung di dalam bahan kulit tersebut meskipun dalam jumlah yang sangat sedikit.

3. Menggosok Batu dengan Media Bambu

Menggosok batu cincin menggunakan bambu mungkin terdengar aneh. Namun cara ini ternyata sudah digunakan oleh para orang tua jaman dahulu. Menggunakan tekstur kulit bambu yang halus, batu akik nantinya digosok-gosokkan ke permukaan kulit bambu tersebut dengan searah. Hal ini akan sangat membantu untuk meningkatkan daya kilap dari batu akik tersebut. Sebelum menggosokkan media bambu untuk mengkilapkan batu akik, ada baiknya anda memperhatikan hal-hal berikut: - Cuci bambu dengan bersih. Jemur terlebih dahulu bambu yang akan digunakan untuk menggosok batu akik hingga kering. - Gosok batu akik ke permukaan bambu dengan halus dan jangan terlalu keras. - Gosok dengan arah yang sama secara berulang-ulang. - Waktu penggosokkan batu menggunakan media ini sebaiknya jangan terlalu sering karena ditakutkan batu akik akan terkikis. Cukup lakukan seminggu atau sebulan sekali saja.

4. Merendam Batu Akik ke Air Kelapa

Cara ini termasuk cara yang paling mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Anda hanya perlu memasukkan batu akik anda ke dalam cairan yang berisi air kelapa. Biarkan selama beberapa jam hingga semalam untuk mendapatkan hasil yang baik. Setelah direndam selama semalam penuh, keesokan harinya angkat batu tersebut kemudian keringkan dengan lap yang lembut.

5. Menggosok Batu Akik Menggunakan Amplas/Kertas Pasir

Cara yang terakhir ini merupakan cara paling umum dan efektif untuk menghaluskan dan mengkilapkan batu akik anda. Penggunaan kertas amplas yang sesuai menjadi kunci suksesnya proses penghalusan batu akik anda. Pilihlan kertas amplas yang paling sesuai dan memiliki tekstur yang lembut. Biasanya memiliki ukuran 1200 atau 1500. Jika anda masih ragu, maka mintalah jenis kertas amplas yang paling halus. Gosok searah dan perlahan supaya membuat batu akik anda semakin halus dan mengkilat. Cara ini sangat cocok bagi anda yang baru memulai menghaluskan batu akik anda. Jika anda masih merasa takut untuk menghaluskannya sendiri, sekarang ini sudah mulai banyak jasa yang menawarkan proses penghalusan batu akik supaya lebih mengkilap lagi.

- portal berita pada portalku.net -

Gerhana Bulan Total



PORTALKU.NET - Jakarta - Gerhana bulan total acapkali juga sering disebut sebagai bulan 'merah darah' karena warnanya yang merah pekat seperti darah. Apa sebabnya? Menurut peneliti Observatorium Bosscha Bandung, Evan Irawan, hal tersebut terjadi lantaran cahaya matahari yang dibelokkan oleh atmosfer bumi. "Lalu sampai ke bulan dan menyebabkan warna merah darah," kata dia, saat dihubungi, Jumat, 3 April 2015. Bayangan bumi memiliki dua bagian. Bagian gelap tempat cahaya matahari tak dapat masuk disebut umbra dan bagian luar tempat matahari dapat masuk disebut penumbra. Bulan bergerak dari barat ke timur, atau kanan ke kiri di belahan bumi utara.

Dalam bagian umbra, bulan jarang benar-benar gelap karena cahaya matahari masih dibiaskan oleh atmosfer bumi. Gerhana bulan terjadi saat bulan melewati bayanan bumi. Biasanya, seperti dikutip dari situs berita Space.com, karena orbit yang miring, bulan hanya lewat di atas atau di bawah bayangan bumi. Kejadian bulan melewati bayangan bumi, atau yang biasa dikenal dengan gerhana bulan, jarang terjadi. Gerhana hanya dapat terjadi saat bulan berdekatan dengan titik-titik dalam orbitnya saat melintasi ekliptika, jalur cahaya matahari.

"Gerhana pada tahun ini akan terjadi pada April dan September," kata Evan. Saat gerhana bulan total terjadi, pembiasan cahaya matahari menjadi bulan menjadi semerah darah. Karena itu, gerhana bulan total biasa dikenal dengan 'blood moon'. Selama ini banyak orang yang salah kaprah bahwa gerhana bulan disebabkan oleh bayangan bumi yang jatuh di bulan. Padahal, sebaliknya, fase gerhana bulan dipengaruhi oleh variasi arah datangnya matahari ke bulan yang jatuh ke bumi. Sebelumnya, telah terjadi gerhana matahari total pada 20 Maret dan akan terjadi gerhana matahari parsial pada 13 September 2015 mendatang. Gerhana bulan total lain akan terjadi pada 28 September 2015.

- portal berita pada portalku.net -

Usai April, PNS Bisa Tarik Dana Pensiun di BPJS Ketenagakerjaan


PORTALKU.NET - Jakarta. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) tengah merampungkan perangkat hukum teknis atau regulasi pelaksanaan BPJS Ketenagakerjaan. Hal itu seiring mulai beroperasinya BPJS Ketenagakerjaan terhitung Juli 2015 BPJS. Direktur Litigasi Peraturan Perundang-Undangan Kemenkumham, Nasrudin mengatakan, ada tiga Peraturan Pemerintah (PP) dan satu (Peraturan Presiden (Perpres) terkait BPJS Ketenagakerjaan yang menunggu proses penyelesaian. "Berbicara BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan perlu regulasinya, maupun pelaksanaannya, saat ini ada tiga PP dan satu Perpres masih pembahasan terkait BPJS ketenagakerjaan baik PP jaminan kecelakaan dan kematian mati, jaminan hari tua RPP jaminan pensiun, satu perpres pembentukan tim seleksi dewan pengawas dan Direksi BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (2/4/2015).
 
Nantinya BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya memberikan perlindungan kepada para pekerja namun akan menjamin kelangsungan hidup di hari tua. "RPP JKK dan JKN sudah harmonisasi belakangan ada permintaan PNS dikeluarkan BPJS Ketenagakerjaan tapi dimasukkan Taspen. Tapi itu akan menjadi trauma seperti dulu Askes cepat dan bagus begitu digabung PNS TNI-Polri dengan seluruh rakyat Indonesia ke BPJS Ketenagakerjaan agak tersendat," kata dia. Kendati demikian, Nasrudin mengungkapkan trauma ini sendiri tidak perlu berlebihan lantaran dua bentuk jaminan keselamatan kerja (JKK) dan jaminan kematiaan (JKM) bisa dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan. "Jaminan hari tua dan pensiun PNS TNI Polri msh di tangani Taspen sampai tahun 2029.
 
Kalau BPJS Ketenagakerjaan bisa kelola pensiunan TNI-Polri sebelum tahun 2029 ya bisa-bisa saja, atau sebelum tahun itu misalnya bisa tahun 2016, 2020 bisa yang penting BPJS Ketenagakerjaan fokus dikelola dengan baik sehingga tidak ada salahnya mereka bisa bergabung," jelasnya. Oleh karena itu Kemenkumham akan menyerahkan tahapan regulasi ketenagakerjaan tersebut ke pihak Menkokesra. "Jadi begini kita ada tahapan minggu depan ditingkat harmonisasi tingkat eselon 1, bila tidak putus kita naikan ke tingkat Menkokesra, lalu naikkan ke presiden. April ini harus selesai regulasi BPJS Ketenagakerjaan dan perlu disosialisasikan terlebih dahulu minimal dua bulan sebelum resmi beroperasi, jangan sampai seperti BPJS Kesehatan yang kurang sosialisasi," tandas dia.

- portal berita pada portalku.net -

RIP dan Innaa Lillaahi wa Innaaa Ilaihi Rooji'uun



PORTALKU.NET - Salah satu tindakan  salah kaprah yang  sedang  melanda atau sering dilakukan kaum muslim pada era sekarang ini adalah terkait dengan ucapan RIP.

Saya awali artikel ini dengan sebuah berita kematian comedian Olga Syahputra, yang sedang menjadi trading topic tertinggi di media social maupun media televisi Indonesia. Saya baca banyak tweeps yg masuk di tweeter maupun bbm, ada yg menulis “RIP Olga Saputra dan bla 3x”. Nah, tulisan ini sontak menjadi trend masa kini, ketika mendengar kabar berita tentang kematian seseorang misalnya. Satu yang menjadi pertanyaan menganjal di benak, yaitu pengunaan istilah “RIP”.

RIP merupakan istilah dari bahasa Ingrris, yaitu singkatan dari  Rest In Peace atau dalam bahasa Indonesia artinya beristirahat dengan damai.Menurut sejarah, Istilah ini sering di gunakan ummat Nasrani yang merupakan bagian dari aqidah Katholik, biasa terdapat pada epitaf dan disenandungkan saat Misa Requiem. Keyakinan ini juga terdapat pada agama Yahudi. Epitaf RIP ditemukan pada nisan Bet Shearim, Yahudi, yang meninggal 1 Abad Sebelum Masehi. Variasi lain Requiescat in pace atau Rest in Peace dalam bahasa Inggris adalah penambahan kata “may (semoga)”. Ini terkait keyakinan dosa yang ditebus. Ungkapan RIP dalam bentuk ringkas maupun panjang digunakan pada upacara pemakaman tradisional Yahudi. Pijakannya adalah Talmud kuno. RIP dalam bahasa Inggris, yakni rest in peace, tidak ditemukan pada kuburan sebelum abad VIII Masehi. Meluas penggunaannya setelah abad XVIII.

Sedangkan bila merujuk ayat Al-qur’an surat Al Baqarah(2):155 dan 156, tertulis,

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, — (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun”

Di sini letak kesalah – kaprahnya. Dalam ayat itu jelas ALLAH memerintahakan hambanya , apabila tertipa musibah agar mengucapkan “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun”. Dan Karena  kematian merupakan musibah yang di berikan ALLAH sebagai ujian kepada hambanya yang sabar.

Apakah RIP merupakan ucapan belasungkawa semata?

Tidak. Ucapan belasungkawa yang biasa gunakan kaum Nasrani adalah  ungkapan “in my deepest condolence (pada duka cita yang amat dalam)…” atau serupa itu. Menilik sejarah yang lebih rinci, istilah ini merupakan konsekuensi iman & bagian dari peribadatan mereka. Di mana orang yang sudah diupacarai dengan misa dan pernyataan RIP ada di dalamnya, dianggap sudah “bersih” dari dosa karena sudah ditebus. Dan menurut mereka yang tak mengimani RIP berarti  sekaligus tak percaya kepada otoritas gereja maupun pastor, berarti Ini menunjukkan bahwa RIP adalah bagian keimanan pada agama mereka.

Dalam akun Facebook As-Sunnah Ustad Sofyan Chalid Ruray, memberikan jawaban terkait hukum penggunaan Istilah RIP ini. Diantara nya adalah:
  1. Jika ucapan tersebut adalah kebiasaan orang-orang kafir maka hukumnya haram karena seorang muslim diharamkan menyerupai orang – orang kafir. Merujuk sebuah hadist Nabi :“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka dia bagian dari mereka.” [HR. Abu Daud dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu’anhuma, Al-Irwa’: 1269]
  2. Kalaupun ucapan tersebut bukan kebiasaan orang-orang kafir maka tetap saja tidak dibenarkan karena tidak berdasarkan dalil Al-Qur’an & As-Sunnah, dan tidak pula bermakna do’a. Adapun yang disyari’atkan adalah mengucapkan istirja’ (innaa lillahi wa innaa ilaihi rooji’un) dan mendo’akan agar si mayit diampuni, dengan do’a-do’a yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam, seperti do’a Nabi shallallahu’alaihi wa sallam untuk Abu Salamah, yang artinya : “Ya Allah ampunilah Abu Salamah, angkatlah derajatnya di tengah orang-orang yang mendapatkan hidayah, gantikanlah sepeninggalnya untuk orang-orang yang ia tinggalkan, ampunilah kami dan dia ya Rabbal ‘aalamiin, luaskanlah kuburannya dan terangilah dia padanya.” [HR. Muslim dari Ummu Salamah radhiyallahu’anha]
  3. Jika makna ucapan tersebut adalah, “Beristirahatlah dalam damai” maka itu tidak benar, sebab kita tidak tahu kondisi orang yang mati, apakah ia dalam keadaan mendapat nikmat atau azab kubur. Demikian pula setelah hari kebangkitannya, kita tidak tahu apakah ia termasuk penghuni surga atau neraka.
  4. Jika si mayit itu mati dalam keadaan kafir maka sudah pasti ia termasuk penghuni neraka, bagaimana bisa dikatakan: Beristirahatlah dalam damai?

- portal berita pada portalku.net -

Anggota DPRD Cantik ini Sukses Redakan Amarah Demonstran


PORTALKU.NET, Malang - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Malang, Jawa Timur, berdemonstrasi di depan Gedung DPRD Kota Malang. Massa mengkritik aksi penyerangan sekretariat HMI Jakarta oleh pihak kepolisian beberapa hari lalu. 

Massa yang berdatangan sejak pukul 10.00 WIB, meminta Presiden Jokowi turun dari jabatannya karena dinilai menyebabkan ketidakstabilan di berbagai bidang. 

Namun tuntutan itu tak bisa didengar anggota dewan. Sebab, seluruh anggota DPRD Kota Malang sedang menggelar sidang paripurna bersama Walikota Malang. Massa pun berusaha merangsek masuk ke dalam gedung dewan sehingga terjadi aksi saling dorong antara petugas kepolisian dan mahasiswa.

Ketegangan seketika reda saat seorang anggota dewan bernama Ya'qud Ananda Gudban mendatangi demonstran. Politisi keturunan Arab-China itu sukses meredam ketegangan massa yang sudah hendak menerobos pagar. 

"Selamat datang ibu anggota dewan yang cantik, baik hati, dan tidak sombong," kata koordinator aksi Sahmawi, menyambut kedatangan Ya’qud, Selasa (31/3/2015).

Perempuan yang biasa disapa Nanda itu pun nenenangkan mahasiswa agar tidak bertindak anarkis. "Jangan sampai teknis mengalahkan substansi, sabar adik-adikku sayang. Jangan sampai bertindak anarkis," bujuk Nanda di depan massa aksi.

Mahasiswa pun segera duduk melingkar di hadapan perempuan yang juga Ketua Fraksi Hanura tersebut. "Dewan pasti menyuarakan aspirasi adik–adik mahasiswa. Tapi mohon bersabar, pimpinan dan seluruh anggota dewan sedang ada rapat paripurna dengan walikota," tutur Nanda.

Setelah beberapa menit berdialog, Nanda pun meninggalkan massa untuk kembali masuk ke dalam gedung dewan. Para mahasiswa pun bersabar menunggu selesainya sidang paripurna. "Baru kali ini kita mengalah dengan anggota dewan, gara-gara anggota dewannya cantik," celetuk seorang demonstran.

Untuk beberapa menit massa bersabar menunggu pimpinan dewan selesai sidang. Merasa lelah menunggu, massa kembali beringas. Mereka membakar ban bekas di depan gerbang gedung dewan yang dijaga puluhan petugas kepolisian. Beberapa mahasiswa juga melompati pagar gedung dewan setinggi 2 meter untuk masuk ke dalam gedung. Namun keinginan mereka masuk itu digagalkan petugas kepolisian.

Ketegangan kemudian mereda setelah Ketua DPRD Kota Malang Arif Wicaksono menemui para demonstran. Arif berjanji akan menyampaikan tuntutan mahasiswa ke DPR RI. "Kami hanya DPRD Kota, tapi aspirasi mahasiswa pasti kami sampaikan ke DPRD Provinsi dan DPR RI agar dijadikan bahan kajian." 

Usai dialog dengan pimpinan dewan, massa HMI pun membubarkan diri. Mereka berjanji akan kembali turun ke jalan dengan massa yang lebih besar.

- portal berita pada portalku.net -

6 Fakta Tewasnya Mahasiswa UI di Danau Kenanga


PORTALKU.NET, Jakarta - Danau Kenanga di kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat menjadi saksi bisu kematian pemuda cerdas, Akseyna Ahad Dori. Di antara tenangnya permukaan air danau, sosoknya yang telah terbujur kaku mengapung.

Akseyna merupakan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) jurusan Biologi angkatan 2013. Jaket hitam dengan logo UI dan celana panjang cokelat masih membungkus tubuh pria yang karib disapa Ace itu. 

Tubuhnya pertama kali ditemukan oleh seorang mahasiswa, Rony pada 26 Maret 2015. Rony yang tengah berjalan di tepi danau curiga dengan adanya sesuatu yang mengambang di danau. 

Setelah didekati, ternyata sosok yang dilihatnya benar jasad seorang pria yang separuh badan mengambang telentang.

Butuh waktu sebelum sosok yang dilihat Rony akhirnya teridentifikasi sebagai Akseyna. Dan hingga kini penyebab kematiannya belum diketahui.

Banyak pihak menduga, Akseyna dibunuh dengan cara ditenggelamkan ke danau UI. Tapi tak sedikit juga yang berasumsi, kematian Akseyna bukan karena dibunuh.

- portal berita pada portalku.net -

"Red Rafflesia", Batu Akik Buruan Kaum Hawa...


portalku.net - Pameran batu akik yang digelar Asosiasi Batu Mulia Bengkulu di salah satu mal di Kota Bengkulu akhir pekan lalu terlihat dipadati oleh kaum hawa. 


"Animo perempuan cukup tinggi, paling banyak mencari jenis rafflesia merah," kata Gite, peserta pameran batu akik di Bengkulu. Dia mengatakan, jenis batu yang diminati kaum hawa biasanya jenis rafflesia merah pekat dengan ukuran yang relatif kecil. 

Namun, ada juga sejumlah kaum hawa, terutama ibu-ibu yang membeli batu cincin ukuran besar. "Kalau yang remaja lebih suka yang ukuran kecil karena cantik dan imut," ucap pemilik stan Cleopatra ini.

Peserta pameran lainnya Eliana mengatakan, selain jenis rafflesia merah atau "red rafflesia" jenis akik lainnya yang diminati kaum perempuan adalah batu jenis chalcedony berwarna pink asal Kabupaten Lebong, Bengkulu.


Warna batu yang merah muda bercampur putih menjadi salah satu jenis akik yang mulai naik daun. "Karena warnanya pink, membuat diminati kaum hawa," ujar Eliana.

Salah seorang pengunjung pameran batu mulia yang digelar hingga 29 Maret itu, Gadis Budi mengatakan batu khas Bengkulu memiliki warna yang indah dan sangat beragam. "Saya mencari batu pink Lebong karena warnanya cantik, menampilkan kesan mewah dan elegan," kata dia.

Panitia kontes dan pameran Batu Mulia, Hernanda Astri mengatakan pameran dan kontes itu digelar untuk memasyarakatkan batu akik khas Bengkulu. "Pemenang kontes akan mewakili Bengkulu mengikuti kontes akik merebut Piala Presiden pada bulan Mei di Jakarta," katanya


- portal berita pada portalku.net -

BATU CINCIN AKIK TERMAHAL DAN POPULER

portalku.net - Batu cincin terbaik dan paling populer atau terkenal, baik di Indoensia maupun di mancanegara 2015 – Cincin merupakan perhiasan yang sudah dikenal dan dikenakan banyak orang sejak ribuan tahun lalu baik bagi wanita maupun pria. Cincin diletakkan pada jari tangan dan dan melingkar pada bagian jari manis atau jari tengah. Belakangan ini batu cincin akik/permata telah menjadi buruan banyak orang
Secara tradisi biasanya cincin terbuat dari logam mulia, perak atau campuran dari bahan-bahan lain seperti tembaga, perunggu, kuningan krom dan lain-lain. Untuk memperindah tampilan sebuah cincin dilengkapi dengan ukiran dan dihias dengan permata seperti intan, berlian atau batu akik.

Baca: Batu cincin termahal di dunia
Jika selama ini, cincin batu permata banyak digunakan kalangan orang-orang yang sudah dewasa namun belakangan cincin sudah banyak digunakan kalangan muda dan remaja bahkan saat ini cincin dengan batu akik telah menjadi tren dan gaya hidup, sehingga harga batu cincin semakin mahal karena semakin banyaknya peminat dari berbagai kalangan. Berikut ini jenis batu cincin akik populer dan termahal di Indonesia :
1. Batu Bacan
1 batu-bacanBatu bacan merupakan jenis batu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.
Kedua jenis batu ini menag tengah menjadi incaran, baik bagi penghobi maupun kolektor. Perbedaan batu bacan doko dan palamea terletak pada warnanya. Doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu bacan sendiri mulai dari ratusan ribu puluhan juta rupiah.
2. Batu cincin Safir
1 batusafirSafir merupakan batu permata yang diminati banyak kalangan baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Namun harganya yang mahal tidak semua orang mampu memiliki jenis batu alam yang indah ini. Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin yang indah atau untuk perhiasan jenis lainnya.
Batu permata ini memiliki banyak variasi warna seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu. Khasiat batu safir dipercaya untuk menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi pemakainya
3. Batu Cincin Zamrud
batu zamrudJenis permata ini memiliki warna hijau bening sampai hijau tua dan sudah dikenal banyak orang sejak ribuan tahun sebagai permata indah dengan harga mahal. Batu zamrud memiliki kekerasan 7.5 pada skala mohs  dan permata ini dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian.
4. Batu Cincin Ruby
Batu Ruby sering juga disebut batu merah delima termasuk salah satu dari sekian banyak batu permata yang paling disukai di dunia termasuk di Indonesia. Harga batu ini bervariasi tergantung tingkat keunikan dan kualitasnya. Batu ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian
5. Batu Topaz
blue topaz
Batu topaz memiliki banyak warna seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis batu ini banyak ditemukan di banyak negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan masih banyak lagi negara penghasil batu yang banyak diguakan sebagai perhiasan ini.
Seperti batu mulia pada umumnya, topaz dipercaya menandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya baik yang berkaitan dengan kesehatan jazmani maupun  rohani seperti menghilangkan depresi, memaksimalkan daya kerja otak serta dipercaya bisa membawa kedamaian.
6. Batu Opal (Kalimaya)
batu kalimayaOpal atau Batu kalimaya merupakan jenis batuan mulia yang paling banyak dicari baik oleh penghobi maupun kolektor. Keindahan batu ini sudah tidak diragukan lagi, bahkan mereka yang baru mengenal batu mulia sekalipun akan tertarik dengan pesona batu yang mampu mengeluarkan aneka macam warna tersebut.
Baca Juga : Batu Kalimaya Dan Khasiatnya
Batu opal di Indonesia dikenal dengan istilah kalimaya dan banyak ditemukan di Daerah Banten. Harga batu kalimaya sendiri bervariasi tergantung kualitas layaknya batu akik pada umumnya. Harga batu opal/kalimaya termahal sekita 2.500 dollar/karat.
7. Batu Sungai Dareh
1 sungai-darehBatu akik sungai dareh termasuk salah satu batu cincin populer dan termahal saat ini. Batu asal Sumatera Selatan itu kini tengah menjadi incaran para penghobi maupun kolektor. Popularitas batu itu mulai menanjak sejak Presiden SBY dan Barak Obama (Presiden Amerika) di duga mengenakan batu tersebut di jari tangan mereka.
Harga batu sungai dareh berkualitas tentu saja sangat mahal bahkan, namun untuk kualitas sedang yang banyak dijual di pasaran lokal harganya cukup terjangkau, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
8. Batu Giok
batu giokDi Indonesia batu giok sudah dikenal sejak lama, namun popularitas batu ini tidak pernah luntur, terlebih ditengah semakin tingginya penghobi batu akaik belakanhgan ini, sehingga membuat harga batu giok makin mahal.
Keindahan Giok dengan khas warna hijau banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain. Namun sebagian orang masih percaya bahwa batu yang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi di China itu dipercaya bisa membawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya. Baca: Khasiat Batu Giok
9. Batu Kecubung (Amethyst)
batu akik kecubungBatu kecubung termasuk salah satu dari sekian banyak batu akik yang juga tengah menjadi incaran banyak penghobi. Warna khas ungu yang terdapat pada batu ini membuat batu yang biasa disebut Amethyst di pasaran intenternasional itu terlihat mempesona.
Tak hanya bisa dijadikan sebagai perhiasan kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan Baca : Khasiat Batu Kecubung
10. Batu Lavender
batu lavender baturajaDalam sebuah kontes nasional yang pernah diadakan beberapa waktu lalu, Jenis batu lavender spritus baturaja masuk dalam kategori batu terbaik dan berhasil memenangkan kontes, sehingga batu ini menjadi buruan banyak kolektor.
Harga batu lavender yang berhasil memenagkan kontes ditawar Rp. 175 juta namun sang pemilik belum melepasnya. Sejak saat itu batu yang banyak ditemukan di wilayah Simpang dan Segara Kembang Kecamatan Lengkiti Oku Sumatera selatan itu menjadi incaran banyak kolektor dan masuk dalam jajaran batu terpopuler baik di Indonesia maupun di pasaran internasional.
Selain batu yang telah disebutkan, sebenarnya masih banyak batu cincin terkenal dan termahal jenis lain yang saat ini tengah populer di Indonesia termasuk batu giok aceh atau lebih dikenal dengan sebutan Batu Lumut Aceh, batu obi, labrador atau jenis lain.

- portal berita pada portalku.net -

Harga Akik Lavender yang Menawan Bikin Warga Tetap Bongkar Gunung Bapang

Sukoharjo - Akik lavender dari kawasan Gunung Bapang, Sukoharjo kini tengah diburu. Tak heran banyak warga yang datang dan main bongkar kawasan hijau itu. Warga seolah tak peduli kerusakan lingkungan, harga lavender yang merangkak naik menjadi alasan.


Menurut seorang penambang Wanto, Senin (30/3/2015), pembeli datang sendiri menghampiri mereka. Jadi Wanto dan kawan-kawannya tak perlu susah untuk memasarkannya. 

Para pembeli akan datang ke kampung mereka. Harganya cukup murah untuk ukuran batu mulia. Bongkahan batu seukuran 10 kg bahan batu lavender 'hanya' dijual Rp 750 ribu, ukuran 30 kg dijual Rp 1,5 juta. Sedangkan bongkahan besar seberat 1 kuintal 'hanya' dijual Rp 5 juta.

"Akan terus menambang selama masih ada yang membeli. Tidak ada masalah dengan warga sekitar karena kami juga warga sini. Penambangan juga dilakukan di lahan yang tidak ada tanamannya, karena itu lahan bebatuan," lanjut Wanto.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Wagimin. Menurutnya penambangan batu itu oleh warga itu akan menambah pendapatan warga setempat. Dia juga yakin meskipun penambangan akan terus dilakukan ke bagian yang lebih luas dan dalam namun penambang sudah mempertimbangan resiko kerja dan tidak akan merusak lingkungan.


- portal berita pada portalku.net -

Kelly Ajak ABG "Indehoi" agar Galau Terobati


KEGALAUAN seorang perempuan bernama Kelly Richards ini berujung pada proses hukum. Perempuan berusia 36 tahun istri seorang tukang kayu itu harus berurusan dengan pengadilan karena mengajak bocah laki-laki usia 15 tahun untuk berhubungan badan.

Kasusnya sebenarnya terjadi pada 2012 silam. Hanya saja, Tante Kelly yang sudah punya dua anak baru menjalani proses persidangan dan dinyatakan bersalah pada Senin lalu (23/3).

Ceritanya begini. Tante Kelly yang tercatat sebagai penduduk di Mountain Ash, Wales Selatan memiliki putra yang berteman dengan anak baru gede alias ABG yang akhirnya jadi pemuas nafsunya. Kebetulan, putranya memang berteman dengan ABG yang sama-sama jemaat di gereja Saksi Yehova.

Suatu hari, Tante Kelly yang tengah galau menebar jerat. Ia mengundang si bocah itu ke rumahnya. Katanya, bocah ABG itu bisa menginap di kamar putranya.

Cowok ABG itu menuruti saja tawaran Tante Kelly. Nah, di situlah Tante Kelly berupaya menarik perhatian ABG itu.

Jaksa penuntut Roger Griffith dalam persidangan di Pengadilan Merthyr Tydfil mengatakan, awalnya Kelly menangis di dalam kamarnya. Katanya, Tante Kelly baru saja cekcok dengan suaminya, Paul yang berusia dua tahun lebih muda.

Selanjutnya Kelly didatangi oleh putranya dan ABG yang bakal jadi ‘mitra tanding’ di ranjang. “Bocah itu dan putra Bu Richards masuk ke kamar untuk menghentikan tangisannya dan memberi dukungan,” kata Roger.

Hanya saja, putra laki-laki Tante Kelly keluar kamar dan meninggalkan temannya di kamar bersama ibunya. “Dan Bu Ricards mulai mencium bocah ingusan itu yang mengarah ke persetubuhan,” sambung jaksa penuntut.

Saat itu, Tante Kelly mengenakan baju tidur, sedangkan si bocah ABG tetap berpakaian utuh. “Itu (persetubuhan, red) berlalu begitu cepat,” papar Roger.

Saat itu pula Tante Kelly berpesan ke ABG yang baru menjadi pemuas nafsunya itu. “Jangan bilang siapa-siapa, aku mungkin bisa habis karena ini,” tutur jaksa menirukan ucapan Tante Kelly.

Eh… ternyata bocah ABG itu kecanduan dengan service Tante Kelly. Selain itu, Tante Kelly juga selalu menebar rayuan ke ABG pemuas nafsunya itu. Keduanya lantas saling berhubungan melalui telepon dan jejaring sosial Facebook.

Sampai suatu ketika ibu dari ‘bocah nakal’ itu merasa curiga. Sebab, putranya jadi sering menyembunyikan telepon seluler dan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga Tante Kelly.

Saking jengkelnya, ibu bocah ABG itu melarang putranya menggunakan handphone. Selain itu, sang ibu yang khawatir juga meminta putranya tak berhubungan lagi dengan Tante Kelly.

Namun, Tante Kelly tak kehilangan akal. Ia membeli SIM card baru untuk bocah ABG itu. Karenanya, si bocch itu masih bisa menelepon dan megirim pesan ke Tante Kelly dengan nomor yang berbeda.

Terang saja hal itu membuat ibu sang bocah tambah marah. Diam-diam sang ibu memasang alat perekam suara di kamar tidur putranya. Dan ternyata, dari rekaman suara itu diketahui tentang hubungan rahasia antara bocah nakal itu dengan Tante Kelly.

Karenanya, sang ibu yang berang langsung menghubungi polisi. Kepada petugas, bocah ABG itu mengakui bahwa dirinya disuguhi minuman beralkohol oleh Tante Kelly. Selanjutnya, Tante Kelly juga meminta dipijit dan membiarkan bocah ingusan itu menaikinya.

Proses hukum pun berjalan hingga ke pengadilan. Tante Kelly bahkan sempat menjalani penahanan.

Sementara pengacara Sarah Waters yang menjadi pembela bagi Tante Kelly menyodorkan alasan untuk membebaskan kliennya.  Sarah menuturkan, Kelly memang mengurus cowok ABG yang asih labil itu karena komunitas Saksi Yehova memang memerintahkan agar saling peduli.

Karenanya, Kelly sering mengajak keluarganya dan bocah ABG itu ke luar untuk jalan bareng. Misalnya, pergi belanja, bermain ice skating, atau melakukan hal-hal  yang ingin dilakukan bocah-bocah ABG bersama keluarganya.

Meski demikian Sarah juga mengakui bahwa kliennya tak seharusnya melakukan hal itu. “Hubungan mereka jelas-jelas berkembang ke arah yang tak semestinya,” tutur sang pengacara.

Sedangkan hakim Richard Twomlo yang memimpin persidangan menyebut ABG labil itu jelas menjadi korban perbuatan Kelly. Sang hakim menyebut Kelly telah mengembangkan pengaruh kuat pada sang bocah.

“Kendati sebenarnya anda tahu usia bocah itu, tapi anda melakukan persetubuhan dengannya di rumahmu,” kata sang hakim.

Sambil meratap, Kelly pun menyesali perbuatannya. Ia mengaku pernah melakukan aktivitas seksual dengan cowok ABG itu selama kurun waktu Oktober hingga Desember 2012.

Beruntung bagi Kelly karena hakim merasa tak perlu mengirimnya ke penjara. Meski terbukti bersalah, namun Kelly hanya mendapat hukuman dua tahun percobaan. Dia juga diharuskan menandatangani daftar pelanggar kasus seksual untuk masa waktu 10 tahun.

- portal berita pada portalku.net -

Transformasi Sosok Samara yang Menyeramkan Jadi Gadis Cantik



PORTALKU. Sekitar 13 tahun yang lalu, saat film ini dirilis mungkin hanya sedikit mereka yang berani membuka mata, saat sosok hantu keluar dari dalam tabung televisi. Ya, film The Ring memang sangat populer pada saat itu.

Terutama bagi Anda pecinta fil horor, mungkin tidak akan pernah melewatkannya. Sosok bernama Samara Morgan, mungkin akan menjadi mimpi buruk banyak orang saat hendak menonton televisi atau tidur.

Rambutnya yang panjang, dan caranya berjalan yang merayap akan menakuti Anda. Sosok Samara saat itu diperankan oleh gadis berumur 13 tahun bernama Daveigh Chase. Tapi siapa sangka, sosok yang menakutkan pada saat itu telah bertransformasi.

Sekarang ia berusia 24, secara teratur ia selalu mengunggah foto-fotonya ke halaman Instagram, dengan cara selfies stylish di mana saat ini ia masih aktif sebagai seorang aktris.

Chase saat ini tinggal di Los Angeles, dan perannya sebagai Samara telah membuatnya berhasil meraih gelar penghargaan Best Villain di MTV Movie Awards 2003.

Perannya yang paling terkenal, setelah The Ring, adalah saat ia berada di serial TV HBO Big Love tentang poligami dengan tiga keluarga di Salt Lake City.

Daveigh bermain sebagai Rhonda Volmer, yang masih berumur 15 tahun yang menjadi pengantin dari pemimpin sekte Juniper Creek Roman Grant (Harry Dean Stanton) di berbagai musim.

Dia juga dikenal sebagai bagian dari film Lilo Disney, animasi Lilo & Stitch yang disiarkan dalam serial TV yang ditayangkan selama tahun 2003-2006.

Peran Chase berikutnya akan terlihat dalam film thriller pembunuh berantai Amerika Romantis, yang akan bersanding dengan mantan bintang film Glee, Nolan Gerard Funk serta JacobJosefAimee.

Nah, apakah Anda sekarang masih takut dengan sosok Samara di fil The Ring?


- portal berita pada portalku.net -

12 AMALAN ISTIMEWA MALAM JUMAT DAN HARI JUMAT


1. Disunnahkan pada shalat Shubuh di hari Jum'at, imam membaca surat al-Sajdah al-Insan secara sempurna. Hal ini sebagaimana yang telah dikerjakan Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, karenanya jangan memotong sebagiannya seperti yang banyak dilakukan oleh para imam shalat.

Diriwayatkan dari Ibnu 'Abbas radliyallah 'anhuma, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam membaca dalam shalat Fajar (Shubuh) hari Jum'at: Aliif Laam Miim Tanziil (Surat al-Sajdah) pada rakaat pertama dan pada rakaat kedua membaca Surat al-Insan." (HR. Bukhari dan Muslim serta yang lainnya)

2. Disunnahkan memperbanyak membaca shalawat untuk Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Hal ini berdasarkan hadits Aus bin Aus Radhiyallahu 'Anhu, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, beliau bersabda:

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ فِيهِ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ

"Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jum'at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. Oleh karena itu perbanyaklah shalawat di hari Jum'at, karena shalawat akan disampaikan kepadaku."

Para shahabat berkata: "Ya Rasulallah, bagaimana shalawat kami atasmu akan disampaikan padamu sedangkan kelak engkau telah lebur dengan tanah?"

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menjawab: "Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi memakan jasad para Nabi." (HR. Abu Dawud, Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, dan al Hakim)

3. Disunnahkan membaca surat al-Kahfi pada hari Jum'at berdasarkan hadits Abu Sa'id al-Khudri Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

"Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan untuknya Allah Subhanahu wa Ta'ala akan menyinarinya dengan cahaya antara dia dan Baitul 'atiq." (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim)

4. Melaksanakan shalat Jum'at bagi laki-laki muslim, merdeka, mukallaf, dan tinggal di negerinya. Atas mereka shalat Jum'at hukumnya wajib. Sementara bagi budak, wanita, anak kecil dan musafir, maka shalat Jum'at tidak wajib atas mereka. Namun, jika mereka menghadirinya, maka tidak apa-apa dan sudah gugur kewajiban Dzuhurnya. Dan kewajiban menghadiri shalat Jum'at menjadi gugur disebabkan beberapa sebab, di antaranya sakit dan rasa takut. (Lihat: Syarh al-Mumti': 5/7-24)

5. Mandi besar pada hari Jum'at juga termasuk tuntunan Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Beliau bersabda,

إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْجُمُعَةِ فَلْيَغْتَسِلْ

"Apabila salah seorang kalian berangkat shalat Jum'at hendaklah dia mandi." (HR. Muslim)

6. Memakai minyak wangi, bersiwak, dan mengenakan pakaian terbagusnya merupakan adab menghadiri shalat Jum'at yang kudu diperhatikan oleh seorang muslim. Dari Abu Darda' Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَلَبِسَ ثِيَابَهُ وَمَسَّ طِيبًا إِنْ كَانَ عِنْدَهُ ثُمَّ مَشَى إِلَى الْجُمُعَةِ وَعَلَيْهِ السَّكِينَةُ وَلَمْ يَتَخَطَّ أَحَدًا وَلَمْ يُؤْذِهِ وَرَكَعَ مَا قُضِيَ لَهُ ثُمَّ انْتَظَرَ حَتَّى يَنْصَرِفَ الْإِمَامُ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

"Siapa mandi pada hari Jum'at, lalu memakai pakaiannya (yang bagus) dan memakai wewangian, jika punya. Kemudian berjalan menuju shalat Jum'at dengan tenang, tidak menggeser seseorang dan tidak menyakitinya, lalu melaksanakan shalat semampunya, kemudian menunggu hingga imam beranjak keluar, maka akan diampuni dosanya di antara dua Jum'at." (HR. Ahmad)

Dari Abu Sa'id al-Khudri Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

غُسْلُ يَوْمِ الْجُمُعَةِ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ وَسِوَاكٌ وَيَمَسُّ مِنْ الطِّيبِ مَا قَدَرَ عَلَيْهِ

"Mandi hari Jum'at itu wajib bagi setiap orang yang bermimpi. Begitu pula dengan bersiwak dan memakai wewangian jika mampu melaksanaknnya (jika ada)." (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Disunnahkan berangkat lebih pagi (lebih awal) saat menghadiri shalat Jum'at. Sunnah ini hamper-hampir saja mati dan tidak pernah terlihat lagi.

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ

"Barangsiapa mandi di hari Jum’at seperti mandi janabah, kemudian datang di waktu yang pertama, ia seperti berkurban seekor unta. Barangsiapa yang datang di waktu yang kedua, maka ia seperti berkurban seekor sapi. Barangsiapa yang datang di waktu yang ketiga, ia seperti berkurban seekor kambing gibas. Barangsiapa yang datang di waktu yang keempat, ia seperti berkurban seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang di waktu yang kelima, maka ia seperti berkurban sebutir telur. Apabila imam telah keluar (dan memulai khutbah), malaikat hadir dan ikut mendengarkan dzikir (khutbah).” (HR. Muttafaqun 'alaih)

dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

إِذَا كَانَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ كَانَ عَلَى كُلِّ بَابٍ مِنْ أَبْوَابِ الْمَسْجِدِ الْمَلَائِكَةُ يَكْتُبُونَ الْأَوَّلَ فَالْأَوَّلَ فَإِذَا جَلَسَ الْإِمَامُ طَوَوْا الصُّحُفَ وَجَاءُوا يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ

"Apabila hari Jum'at tiba, pada pintu-pintu masjid terdapat para Malaikat yang mencatat urutan orang datang, yang pertama dicatat pertama. Jika imam duduk, merekapun menutup buku catatan, dan ikut mendengarkan khutbah." (HR. Bukhari dan Muslim)

8. Saat menunggu imam datang, seorang muslim yang menghadiri shalat jum'at dianjurkan untuk menyibukkan diri dengan shalat, dzikir ataupun membaca Al-Qur'an.

9. Wajib mendengarkan khutbah yang disampaikan imam dengan seksama, tidak boleh sibuk sendiri sehingga tidak memperhatikannya. Akibatnya, Jum'atannya akan sia-sia.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَنْصِتْ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ

"Jika engkau berkata pada temanmu pada hari Jum'at, "Diamlah!", sewaktu imam berkhutbah, berarti kemu telah berbuat sia-sia." (Muttafaqun 'Alaih, lafadz milik al Bukhari)

Makna laghauta, menurut Imam al Shan'ani dalam Subulus Salam, ". . . makna yang paling mendekati kebenaran adalah pendapat Ibnul Muniir, yaitu yang tidak memiliki nilai baik. Adapula yang mengatakan, (maknanya) batal keutamaan (pahala-pahala) Jum’atmu dan nilainya seperti shalat Dhuhur.”

Dalam hadits lain, beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

وَمَنْ مَسَّ الْحَصَى فَقَدْ لَغَا

"Barangsiapa bermain-main krikil, maka sia-sialah Jum'atnya." (HR. Muslim)

Imam an Nawawi rahimahullah menjelaskan dalam Syarh Shahih Muslim, "dalam hadits tersebut terdapat larangan memegang-megang krikil dan lainnya dari hal yang tak berguna pada waktu khutbah. Di dalamnya terdapat isyarat agar menghadapkan hati dan anggota badan untuk mendengarkan khutbah. Sedangkan makna lagha (perbuatan sia-sia) adalah perbuatan batil yang tercela dan hilang pahalanya."

laghauta : yaitu yang tidak memiliki nilai baik. Adapula yang mengatakan, (maknanya) batal keutamaan (pahala-pahala) Jum’atmu dan nilainya seperti shalat Dhuhur.

10. Pada saat masuk masjid, didapati imam sudah naik mimbar menyampaikan khutbah, maka tetap disunnahkan untuk shalat dua rakaat yang ringan sebelum ia duduk. Hal ini didasarkan kepada hadits Jabir bin Abdillah Radhiyallahu 'Anhu, yang menceritakan: Bahwa Sulaik al-Ghathafani datang ke masjid pada hari Jum'at saat Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam berkhutbah. Sulaik langsung duduk, maka Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Jika salah seorang kalian mendatangi shalat Jum'at, dan (mendapati) imam sedang khutbah, maka hendaknya ia shalat dua rakaat lalu baru duduk." (HR. Muslim)

11. Jika sudah selesai melaksanakan shalat Jum'at, disunnahkan mengerjakan shalat sunnah sesudahnya. Di sebagian riwayat disebutkan, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam shalat sesudah Jum'at sebanyak dua rakaat, (Muttafaq' alaih). Dan terdapat dalam riwayat lain, beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam memerintahkan kepada orang yang melaksanakan shalat sesudah Jum'at sebanyak empat rakaat, (HR. Muslim)

Ishaq rahimahullah berkata, "Jika ia shalat (sunnah ba'da Jum'at) di masjid maka ia shalat empat rakaat. Dan jika melaksanakannya di rumahnya, maka ia shalat dua rakaat."

Abu Bakar al-Atsram berkata, "Kedua-duanya boleh." (al-Hadaiq, Ibnul Jauzsi: 2/183)

"Jika ia shalat (sunnah ba'da Jum'at) di masjid maka ia shalat empat rakaat. Dan jika melaksanakannya di rumahnya, maka ia shalat dua rakaat."

12. Memperbanyak doa di penghujung hari Jum'at, karena termasuk waktu mustajab untuk dikabulkannya doa. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radliyallah 'Anhu, dia bercerita: "Abu Qasim (Rasululah) Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

إِنَّ فِي الْجُمُعَةِ لَسَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا مُسْلِمٌ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

"Sesungguhnya pada hari Jum'at itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim berdiri berdoa memohon kebaikan kepada Allah bertepatan pada saat itu, melainkan Dia akan mengabulkannya." Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya, yang kami pahami, untuk menunjukkan masanya yang tidak lama (sangat singkat). (Muttafaqun 'Alaih)

portal berita pada portalku.net

Peragawati Cantik Diceraikan Suami Gara-gara Foto Selfie


Kiev - Menjadi perhatian dunia karena tubuhnya yang aduhai tapi diceraikan suami. Itulah yang terjadi pada model seksi asal Ukraina, Alena Politukha. Perempuan berusia 32 tahun itu diceraikan suaminya gara-gara mengunggah foto-foto selfie dirinya, yang lumayan hot, secara online.


Alena, yang tinggal di Distrik Dergachevsky, Kharkiv Oblast, di bagian timur Ukraina, tiba-tiba menjadi perbincangan dunia maya setelah mengunggah foto selfienya. Salah satu foto yang terkenal adalah foto ia memegang smart phone berwarna emas dan memamerkan tubuhnya yang hanya berbalut pakaian tidur tipis.

Ulahnya tersebut rupanya membuat berang suaminya, Aleksandr Politukha, politikus dan kepala dewan lokal di Kharkiv. Seorang teman dekat keluarga tersebut mengatakan, sang suami tak suka dengan kebiasaan Alena yang doyan mengunggah foto-foto selfie dengan pose seronok.

“Situasinya menjadi sangat sulit. Saya seorang ibu. Kami memiliki anak selama sepuluh tahun usia pernikahan. Tiba-tiba suami saya meninggalkan rumah tanpa ada penjelasan,” kata Alena, seolah membela diri, seperti yang dilansir oleh laman asal Inggris, Mirror, Senin, 23 Maret 2015, waktu setempat.

portal berita pada portalku.net

Ini Dia Tongkat Anti Perkosaan di India

Kasus pemerkosaan yang terjadi di dunia, khususnya di India kini dalam tahap yang sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, banyak memunculkan kekhawatiran bagi masyarakat luas terutama kaum wanita yang menjadi korban.


Hal itupula akhirnya yang menginspirasi sejumlah penemu untuk menciptakan sebuah alat yang akan sangat berguna bagi keselamatan para wanita. Salah satunya penemuan dari Pavan Kohli, seorang doktor ahli bersama dengan tenaga ilmuwan lain dari 4 negara yaitu Inggris, Jerman, Jepang dan Singapura.

Alat yang ditemukan ini berupa alat multifungsi yang bisa melindungi para wanita dari tindakan pemerkosaan. Kohli pun memamerkan alat penemuannya tersebut berbentuk tongkat besi dalam peluncuran prototype-nya kepada Wall Street journal, pekan lalu.

Alat ini berbentuk sebuah tongkat besi sepanjang 60cm dan bisa memanjang sampai 1,2 meter. Beratnya mencapai 1,5 kg, cukup ringan dibawa setiap hari. Alat ini dilengkapi tombol penyemprot merica, pisau lipat, senter, bahkan fitur pengirim sms dan juga GPS.

"Ini adalah hadiah bagi para wanita di India. Saya menyebut alat ini sebagai pelindung kehormatan wanita," jelas Kohli.

Rencananya, alat ini akan dibanderol dengan harga Rp 200 ribu per item-nya. Meskipun alat ini dianggap inovatif, masih belum ada perusahaan yang menawarkan kerja sama produksi massal tongkat ini.

- portal berita pada portalku.net -

Bocah 12 Tahun Ini Tega Racun Ibunya Gara-gara Ponselnya Disita


Seorang anak perempuan berusia 12 tahun ditangkap pihak kepolisian Boulder County, Colorado, Amerika Serikat, setelah mencoba meracuni sang ibunda sebanyak dua kali dalam waktu berbeda.


Tindakan itu dilakukan sang anak karena ibunya "merampas" ponselnya.

Pihak Kepolisian Boulder County memasukkan anak tersebut ke Pusat Rehabilitas Anak menyusul investigasi yang berlangsung selama beberapa minggu.

Memang, para orang tua di Amerika Serikat kerap mengalami kesulitan dalam menjauhkan buah hatinya dari ponsel.

Sebab, para anak zaman sekarang sudah ketergantungan dan hobi sibuk sendiri dengan ponsel mereka.

Kepolisian mengetahui kasus tersebut setelah memperoleh panggilan dari pihak rumah sakit Boulder Community Hospital.

Pihak rumah sakit mengatakan bahwa seorang anak perempuan berusia 12 tahun melakukan tindakan yang ekstrim setelah kebebasannya dalam menggunakan ponsel direnggut oleh sang orang tua.

"Kejadian ini cukup mengerikan. Sebelumnya sang ibu memperhatikan bau seperti cairan pemutih pakaian di minuman smoothie-nya. Dia berpikir apakah anaknya mencuci gelas tidak bersih karena ada aroma yang tersisa. Kemudian, dia mulai merasa mual," ujar Komandan Polisi Heidi Prentup, seperti dikutip KDVR.com.

Rasa mual tersebut kemudian hilang. Namun, tak lama berselang, sang ibu kemudian mencium aroma cairan pemutih lagi dari botol air minum di kamarnya.

"Ketika dia mencium aroma cairan pemutih di botol air, sang ibu mempertanyakan hal tersebut ke anak dan mereka pun berselisih. Akhirnya, sang putri kemudian mengatakan bahwa dia memang berusaha membunuh sang ibu karena mengambil ponselnya," jelas sang perwira polisi itu.

Setelah mendapatkan pengakuan verbal dari si anak, tapi pihak kepolisian belum dapat memastikan penyebab perselisihan antara ibu dan anak tersebut.

Akhir pekan lalu, bocah perempuan tersebut diserahkan pada Pusat Rehabilitasi Anak di Boulder County dan dijatuhkan dua dakwaan atas percobaan pembunuhan.

Tindakan yang dilakukan sang anak memang terdengar sangat berlebihan dan di luar batas kewajaran.

Namun, kondisi ini bisa jadi merupakan gambaran bagaimana remaja dan generasi muda sangat bergantung dengan ponsel hingga sampai ke tingkat yang ekstrim.

- portal berita pada portalku.net -